Tuesday, February 19, 2013

Sbmptn Undip

0 comments

Undip atau Universitas Diponegoro berusaha mewujudkan Visi 2020 dimana pada tahun 2020, Undip merupakan Universitas Riset yang Unggul. Oleh karena itu UNDIP senantiasa berusaha menjadi universitas nasional yang dikenali dan terakreditasi secara internasional sebagai universitas riset. Program ini sesuai dengan tantangan era globalisasi saat ini. Era globalisasi memerlukan institusi pendidikan tinggi yang berkualitas tinggi untuk dapat menunjang pencapaian dalam kompetisi global yang sangat cepat perkembangannya.

Pada tahun akademik 2013/2014 Undip Semarang akan menerima mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) sebanyak 50 persen, Undip juga akan menerima dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebanyak 30 persen, dan jalur ujian mandiri (UM) sebanyak 20 persen.

Undip sepenuhnya akan mendukung kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dalam sistem seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri tersebut. Menurut Rektor Undip, Sudharto P Hadi bahwa kenaikan porsi jalur undangan yang sekarang disebut Penjaringan Prestasi Akademik (PPA) menunjukkan pengakuan perguruan tinggi negeri termasuk Undip terhadap hasil belajar siswa SLTA. (Jumpa pers SNMPTN 2013, senin malam (10/12) di Jakarta).

Ia menjelaskan SBMPTN 2013 merupakan program ujian masuk secara tertulis yang diselenggarakan Undip bersama 61 PTN lainnya. Berkaitan dengan kebijakan Undip untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang tidak mampu dalam penerimaan tahun 2013 sebanyak 20 persen akan diterima mahasiswa dari golongan miskin tersebut. Hal tersebut sejalan dengan kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negri (SNMPTN) pada tahun ini akan difokuskan melalui penjaringan dengan melihat prestasi akademik ketika di SMU mulai dari kelas X, XI, dan XII serta dalam proses pendafataran tidak dipungut biaya atau gratis.

Jalur-jalur Seleksi Masuk Program S1 - D3 - S2/S3 Universitas Diponegoro Tahun 2013 dapat kami jelaskan sebagai berikut :

Seleksi Masuk Program Strata 1 (S1) Undip


Jalur-jalur seleksi masuk program Strata 1 (S1) untuk tahun 2013 adalah sebagai berikut:

a. Seleksi Secara Nasional.

Seleksi nasional ini diselenggarakan dibawah tanggung Jawab langsung Pemerintah (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).
Sistem seleksi nasional adalah seleksi yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2013 merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu. Biaya pelaksanaan SNMPTN 2013 ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Untuk detail informasi SNMPTN 2013 bisa di akses disini atau di web site resmi SNMPTN 2013 (www.snmtpn.ac.id)

b. Seleksi Bentuk lain dibawah tanggung jawab pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia

Seleksi Bentuk Lain ini adalah SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) jalur ujian tertulis dan / atau keterampilan. Pendaftaran mulai dibuka sekitar bulan Mei 2013. Seleksi ini dibawah tanggung jawab pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia. Untuk mengikuti ini seleksi ini biaya pendaftaran ditanggung peserta seleksi.

c. Seleksi secara Mandiri.

Seleksi ini adalah yang khusus dilakukan oleh Universitas Diponegoro dibawah tanggung jawab Rektor Universitas Diponegoro. Biaya Pendaftaran untuk seleksi mandiri Undip ditanggung oleh peserta seleksi. Jalur seleksi mandiri untuk tahun 2013 hanya Jalur UM (Ujian Mandiri). jalur ujian mandiri adalah jalur seleksi mandiri melalui tes tertulis untuk mengikuti program pendidikan S1 di undip. Pendaftaran akan dilakukan secara online akan dimulai sekitar bulan Juli 2013. Informasi pendaftaran bisa diakses menjelang pendaftaran di : http://um.undip.ac.id . Untuk tahun 2013 jalur mandiri PSSB Kemitraan tidak dibuka lagi.

Seleksi Masuk Program Diploma III (D-III) Undip tahun 2013


Untuk seleksi masuk ke program Diploma III Undip tahun 2013 semuanya dilakukan secara lokal / mandiri dengan melalui jalur-jalur seleksi sebagai berikut:

1. Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) Akademik untuk program Diploma III. Seleksi ini telah dibuka mulai 2 Januari 2013 sampai dengan 28 Februari 2013 secara online. Keterangan lengkap bisa dibaca di menu PSSB D3 di web site ini.
2. Jalur UM D-III (Ujian Mandiri Diploma III) adalah jalur seleksi melalui tes tertulis untuk masuk ke program diploma III Undip. Pendaftaran akan dibuka sekitar bulan Juli 2013. Pendaftaran akan dilakukan secara online di web site : http://um.undip.ac.id

Seleksi Masuk Program Pasca Sarjana (S2/S3) Undip


Untuk seleksi masuk ke program Pasca Sarjana (S2/S3) Undip tahun 2013 dilakukan secara mandiri melalui Jalur Ujian Mandiri Pascasarjana 2013.

Demikian informasi Sbmptn Undip 2013 kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan kami berharap anda sukses! Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!


Related Articles:

Leave a Reply

Sponsored Links

 
Snmptn.or.id © 2011 - 2014 Schools Directory & World Sharings. Supported by Pengumuman Snmptn

Thanks for All friends