Tuesday, February 19, 2013

Sbmptn Unpad

0 comments

Unpad atau Universitas Padjadjaran Bandung pada tahun akademik 2013/2014 membuka jalur seleksi Snmptn (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan Sbmptn (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Unpad memiliki daya tampung mahasiswa baru sekitar 7000 orang, maka 60 persennya sekitar 4200 orang untuk jalur SNMPTN 2013 dan 2800 orang untuk jalur SBMPTN 2013.

Penetapan kuota kedua jalur tersebut, mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana, dimana berdasarkan ketentuan tersebut, Unpad akan menerima sekitar 60% mahasiswa baru melalui SNMPTN dan sisanya sebesar 40% diambil melalui jalur SBMPTN.

Rektor Unpad menjelaskan bahwa Unpad sendiri telah memiliki beberapa formula mengenai teknik penilaian yang akan dikelolanya nanti. Ia juga memiliki pandangan bahwa setiap sekolah itu tidak sama maka penilaiannya tersendiri ada dalam tanda petik pembobotan sekolah. Selain itu dilihat pula performa sekolah dan para lulusan sekolah tersebut terdahulu.

Berkenaan dengan Ujian Nasional, Rektor juga mengatakan bahwa mungkin saja itu dijadikan salah satu parameter dalam penilaian. Namun, untuk sementara ini, ujian nasional hanya dipertimbangkan dalam hal lulus atau tidaknya seorang siswa.

Sementara itu untuk jalur SBMPTN, Rektor juga menegaskan bahwa ini merupakan jalur mandiri yang dilakukan bersama-sama dengan universitas lainnya secara nasional biaya. SBMPTN sendiri didasarkan atas hasil tes tertulis yang dilakukan para calon mahasiswa baru dan biaya untuk SBMPTN sendiri sepenuhnya menjadi beban peserta.

Seleksi SBMPTN 2013 akan didasarkan pada hasil ujian tertulis dan keterampilan, seleksi ini merupakan seleksi mandiri yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh 61 PTN. Siswa yang dapat mendaftar adalah lulusan tahun 2011, 2012 dan yang mengikuti/akan lulus UN tahun 2013. Waktu pelaksanaan setelah SNMPTN 2013 (info rinci akan disampaikan melalui sekolah masing-masing, baik dalam bentuk poster maupun undangan sosialisasi yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN di kota setempat/terdekat).

Dengan demikian jalur Mandiri Unpad yang bernama SMUP (Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran), belum ada kejelasan apakah akan diselenggarakan atau tidak. Sebenar tujuan SMUP bagus yakni untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan studi di Unpad, namun tidak tertampung dalam proses penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional. Jalur Smup hampir setiap tahun berubah mekanismenya dengan tujuan untuk perbaikan penyelenggaraan pada tahun berikutnya.

Sebagai info bahwa Unpad secara bertahap, telah mulai memindahkan kegiatan pendidikannya ke Jatinangor sejak 1983, yang diawali oleh Fakultas Pertanian. Kemudian diikuti oleh fakultas-fakultas lainnya yang ada di lingkungan Unpad. Pada 5 Januari 2012, gedung Rektorat Unpad resmi pindah ke Jatinangor.

Demikian informasi Sbmptn Unpad 2013 kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan kami berharap anda sukses! Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Sumber :Unpad dan sumber-sumber lainnya yang mendukung.

Copyright © 2013 Snmptn.or.id all rights reserved


Related Articles:

Leave a Reply

Sponsored Links

 
Snmptn.or.id © 2011 - 2014 Schools Directory & World Sharings. Supported by Pengumuman Snmptn

Thanks for All friends